Editorial Policies

Focus and Scope

Fokus dan ruang lingkup jurnal CHARISTHEO:

  1. Teologi Kristen
  2. Pendidikan Agama Kristen
  3. Kepemimpinan Kristen
  4. Etika Kristen
  5. Sosial dan Keagamaan
  6. Misiologi

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Dalam proses review naskah dilakukan double blind review, di mana penulis tidak mengetahui siapa yang mereview naskah tersebut dan sebaliknya, reviewer tidak mengetahui pemilik manuskrip yang direview. Hal tersebut dilakukan agar proses review script dapat berjalan secara obyektif. Oleh karena itu, editor tidak boleh memberitahu penulis reviewer yang mereview naskah dan sebaliknya editor tidak memberitahu reviewer pemilik manuskrip, tujuannya agak objektivitas terjaga. Bila dari kedua reviewer itu memberikan status naskah author deacline, maka akan ditambahkan lagi reviewer. ini dilakukan menjaga ke objektifan dan memberikan peluang kesempatan bagi author terhadap naskahnya.

 

Publication Frequency

Jurnal CHARISTHEO dipublikasi setahun dua kali yaitu bulan Maret dan September

 

Open Access Policy

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.

 

Archiving

This journal utilizes the LOCKSS system to create a distributed archiving system among participating libraries and permits those libraries to create permanent archives of the journal for purposes of preservation and restoration. More...

 

Author Fee

CHARISTHEO  tidak mengenakan biaya submision, editorin, editing dan publikasi kepada para Author yang naskahnya lolos atau accept dinyatakan oleh mitra bestari dalam hal ini (reviewer)

 

Publication Ethics

  1. Standar Pelaporan: Penulis haruslah memberi sebuah penyajian tentang laporan penelitian asli yang akurat serta diskusi objekti tentang signifikansinya. Peneliti harus memaparkan hasil penelitian dengan jujur dan tanpa dibuat-buat, pemalsuan atau manipulasi data yang tidak pantas. Suatu naskah harus berisi detail dan referensi yang memadai sehingga memungkinkan orang lain mengulang kembali peneltian tersebut. Kecurangan atau dengan sengaja menyajikan data yang tidak akurat merupakan perilaku yang tidak etis dan tidak dapat diterima. Naskah harus mengikuti pedoman penyerahan jurnal.
  2. Orisinalitas dan Plagiarisme: Penulis harus memastikan menulis karya yang asli sepenuhnya. Naskah tidak boleh dimasukkan ke lebih dari satu penerbit secara bersamaan, kecuali ada persetujuan dari editor untuk publikasi bersama. Karya dan publikasi sebelumnya yang relevan, baik oleh peneliti lain maupun milik penulis, harus diakui dan dirujuk dengan semestinya. Literatur primer harus dikutip jika memungkinkan. Kata-kata asli yang diambil langsung dari publikasi oleh peneliti lain harus muncul dalam tanda kutip sesuai dengan teknik pengutipan yang baku.
  3. Publikasi Ganda, Redundan, atau Bersamaan: Secara umum penulis tidak boleh menyerahkan naskah yang sama ke lebih dari satu jurnal secara bersamaan. Menyerahkan naskah yang sama ke lebih dari satu jurnal secara bersamaan merupakan perilaku yang tidak etis dan tidak dapat diterima. Beberapa publikasi yang berasal dari satu proyek penelitian harus diidentifikasi secara jelas dan publikasi utama harus dirujuk
  4. Pengakuan Sumber: Penulis harus mengakui semua sumber data yang digunakan dalam penelitian dengan cara melakukan pengutipan. Pengakuan yang semestinya atas karya orang lain harus selalu dilakukan.
  5. Kepenulisan Artikel: Kepenulisan dari publikasi penelitian harus secara akurat mencerminkan kontribusi individu untuk pekerjaan dan pelaporannya. Kepenulisan harus dibatasi pada mereka yang telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap konsepsi, desain, pelaksanaan atau interpretasi penelitian yang dilaporkan. Orang lain yang telah membuat kontribusi signifikan harus terdaftar sebagai penulis bersama. Penulis juga memastikan bahwa semua penulis telah melihat dan menyetujui versi naskah yang dikirimkan dan pencantuman nama mereka sebagai penulis bersama.
  6. Pengungkapan dan Konflik Kepentingan: Semua penulis harus secara jelas mengungkapkan dalam naskah mereka segala konflik kepentingan finansial atau substantif lainnya yang mungkin ditafsirkan untuk mempengaruhi hasil atau interpretasi naskah mereka. Semua sumber dukungan keuangan untuk proyek tersebut harus diungkapkan.
  7. Kesalahan Mendasar dalam Karya yang Diterbitkan: Jika penulis menemukan kesalahan atau ketidaktepatan yang signifikan dalam naskah yang dikirimkan, maka penulis harus segera memberi tahu editor jurnal atau penerbit dan bekerja sama dengan editor untuk menarik kembali atau memperbaiki naskah tersebut.
  8. Untuk Penelitian Lapangan, penulis wajib menunjukkan surat keterangan penelitian di tempat yang menjadi fokus penelitian sebelum naskah diterbitkan.

 

Journal Contact

Hubungi Editor In Chief bila Author mengalami kesulitan saat registrasi naskah di OJS yang kami kelola (0895395000168).

kesulitan yang saudara alami, menjadi sukacita kami apabila dapat membantu  saudara yang berkiatan pada registrasi.

 

Plagiarism Checker

Untuk menjaga dan memastikan keaslian naskah, setiap naskah yang dikirimkan akan dilakukan pengecekan kesamaan naskah dengan menggunakan software Ithenticate dari Turnitin. Batas toleransi kesamaan yang diizinkan adalah maksimum 22%. Naskah yang melebihi batas kesamaan 22% akan dikembalikan untuk dilakukan parafrase. Pemeriksaan kesamaan setelah naskah yang diserahkan dinyatakan sesuai dengan Fokus & Ruang Lingkup CHARISTHEO: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen.

 

Licensed and Copyright

CHARISTHEO: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen diterbitkan di bawah lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0. Pengguna bebas menyalin, memodifikasi, atau mendistribusikan ulang artikel untuk tujuan yang sah di media apapun, asalkan Anda memberikan kredit yang sesuai kepada penulis asli dan Sekolah Tinggi Teologi Anugrah Indonesia sebagai penerbit. Hak cipta artikel dipegang oleh masing-masing penulisnya, tanpa batasan. Lisensi non-eksklusif diberikan kepada CHARISTHEO untuk menerbitkan artikel dan mengidentifikasi dirinya sebagai penerbit aslinya, termasuk hak komersial untuk menjualnya ke perpustakaan dan individu. Dengan menerbitkan artikel di CHARISTHEO, penulis memberikan hak kepada pihak ketiga untuk menggunakan artikel mereka sejauh yang diberikan oleh lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International.