Pemulihan Anak yang Mengalami Kekerasan dari Orang Tua Akibat Pandemi Covid-19

Asmat Purba, Lisna Novalia, Linda Zenita Simanjuntak

Abstract


The purpose of this article is to find the right way for parents not to abuse their children both verbally and physically. As a good parent, be a guide in truth and comfort in times when children are sad or find problems. Children are God's gift to be loved by parents. They need to be loved, valued as God's creation, and want to be raised with compassion rather than by violence. Children who have been harmed by parents should not be allowed but should be restored immediately. This article discusses the recovery of children who experience violence from parents due to the Covid-19 pandemic. This research is qualitative, looking for phenomenal information in the community through online newspapers to obtain data by reducing certain parts and sorting according to the purpose of the research. Parents should pay attention and affection to their children under any circumstances. To children who have violence problems, parents are asked to provide guidance in the form of special counseling such as inner healing and guide children out of fines, bitter roots and free them to tell the root of the problem at hand.


ABSTRAK

Tujuan dari artikel ini untuk menemukan cara yang tepat bagi para orang tua agar tidak melakukan kekerasan terhadap anak-anak mereka baik secara verbal maupun fisik. Sebagai orangtua yang baik justeru menjadi pembimbing dalam kebenaran dan penghibur di saat anak-nak bersedih atau menemukan masalah. Anak-anak adalah titipan Tuhan untuk dikasihi oleh orang tua. Mereka membutuhkan dikasihi, dihargai sebagai ciptaan Allah, dan ingin dibesarkan dengan kasih sayang bukan dengan kekerasan. Anak yang sudah terlanjur dilukai oleh orang tua tidak boleh dibiarkan tetapi harus segera dipulihkan. Artikel ini membahas pemulihan anak yang mengalami kekerasan dari orang tua akibat pandemi Covid-19. Penelitian ini bersifat kualitatif, mencari informasi yang fenomenal di masyarakat melalui Koran online untuk memperoleh data dengan mereduksi bagian-bagian tertentu dan memilah yang sesuai tujuan penelitian. Orang tua harus memberi perhatian dan kasih sayang pada anak-anaknya dalam keadaan apapun. Kepada anak yang memiliki masalah kekerasan maka orang tua diminta memberikan bimbingan dalam bentuk konseling khusus seperti inner healing dan menuntun anak-anak keluar dari dengan, akar pahit serta membebaskan mereka untuk menceritakan akar masalah yang dihadapi.

 

Kata kunci: pemulihan; anak, kekerasan; orang tua; pandemi covid-19; konseling krisis; luka batin.


 

Keywords


recovery; children; violence; parents, covid-19 pandemic counseling crisis; inner healing

Full Text:

PDF

References


Amalia, R. (2020). Doa Penyembuh Luka Batin (E. R. Faedah (ed.)). Tata Akbar.

Arif, I. S. (2016). Psikologi Positif: Pendekatan Saintifik Menuju Kebahagiaan. PT Gramedia Pustaka Utama.

Bapak Ghozali. (2021). Wawancara.

Bilo, D. T. (2020). Karakteristik Kasih Kristiani Menurut 1 Korintus 13. Phronesis: Jurnal Teologi Dan Misi, 1(1), 1–17. https://doi.org/10.47457/phr.v1i1.2

Boell, S. K., & Cecez-Kecmanovic, D. (2014). A hermeneutic approach for conducting literature reviews and literature searches. Communications of the Association for Information Systems, 34(1), 257–286. https://doi.org/10.17705/1cais.03412

Budiharjo, B. (2019). Perspektif Orang Tua dan Anak Terhadap Pendidikan (Y. Yeni (ed.)). rogram Pascasarjana Universitas Prof Dr. Moestopo (Beragama).

Carr, S. M. D., & Hancock, S. (2017). Healing the inner child through portrait therapy: Illness, identity and childhood trauma. International Journal of Art Therapy: Inscape, 22(1), 8–21. https://doi.org/10.1080/17454832.2016.1245767

Deri, T., & Yazid, K. (2021). Discover & Release ; Berdamai Dengan Luka Batin. Istana Agency.

Editor. (2021, July 23). Catatan Hari Anak Nasional. KOMPAS, 5.

Erikson, E. H. (1968). Identity, youth, & crisis. In R. Coles (Ed.), Identity, youth, & crisis. W. W. Norton & Company.

Erzar, T. (2019). Three Connecting Moments in the Therapeutic Process of Forgiveness and the Christian Model of Forgiveness. Bogoslovni Vestnik, 79(1), 9–16. https://doi.org/10.34291/BV2019/01/Erzar

Hamzah, A. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Literasi Nusantara.

Huatama, V. A., & Tafonao, T. (2021). Strategi Pemulihan Psikologi Jemaat Pasca COVID-19 Berdasarkan Kitab Mazmur 55. CHARISTHEO: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 1–17. https://doi.org/10.54592/jct.v1i1.3

Hutabarat, O. R. (2019). Mendidik Anak Berkarakter Kristen Mengatasi Kekerasan. Voice of Wesley: Jurnal Ilmiah Musik Dan Agama, 1(2), 1–23. https://doi.org/10.36972/jvow.v1i2.12

Hutahaean, H., Sefendi, S., & Sinaga, L. (2021). Edukasi literasi terhadap warga binaan pemasyarakatan membaca dan memahami kitab suci. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 4(2), 199–208. https://doi.org/10.33474/jipemas.v4i2.9240

Hutahaean, H., Sihotang, H., & Siagian, P. (2021). PAK Dalam Keluarga dan Lingkungan Pergaulan Siswa, Kontribusinya Terhadap Pembentukan Karakter. Berita Hidup, 3(2), 171–188. https://doi.org/10.38189/jtbh.v3i2.84

Hutahaean, H., Silalahi, B. S., & Simanjuntak, L. Z. (2020). Spiritualitas Pandemik: Tinjauan Fenomenologi Ibadah Di Rumah. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat, 4(2), 234–249. https://doi.org/10.46445/ejti.v4i2.270

Hutahaean, H., Tarigan, T. P. E., Siringoringo, J., & Barus, M. (2021). Teologi Bimbingan Orang Tua Kristen Dan Komunikasi Interpersonal Guru Untuk Memotivasi Belajar Anak. Phronesis: Jurnal Teologi Dan Misi, 4(2), 113–131. https://doi.org/https://doi.org/10.47457/phr.v4i2.178

Kavolder Togatorop. (2020). Pengaruh Peningkatan Ibadah Dalam Keluarga Terhadap Karakter Remaja Kristen Di Yayasan Perguruan Anugerah Sinagoge SMPTK Medan. PROVIDENSI: Jurnal Pendidikan Dan Teologi, 3(1), 52–66. https://doi.org/https://doi.org/10.51902/providensi.v3i1.79

Layantara, A. M. (2001). Luka Batin : Penyebab, Dampak dan Penyembuhannya. Yayasan Maranatha Krista.

Marrs, J., Cossar, J., & Wroblewska, A. (2014). Keeping the Family Together and bonding: a Father’s Role in a Perinatal Mental Health Unit. Journal of Reproductive and Infant Psychology, 32(4), 340–354. https://doi.org/10.1080/02646838.2014.920951

Meyer, J. (2018). Restructuring the christian fatherhood model: A practical theological investigation into the ‘male problematic’ of father absence. HTS Teologiese Studies / Theological Studies, 74(1), 1–11. https://doi.org/10.4102/hts.v74i1.4870

Moola, F. J., Garcia, E., Huynh, E., Henry, L., Penfound, S., Consunji-Araneta, R., & Faulkner, G. E. J. (2017). Physical activity counseling for children with cystic fibrosis. Respiratory Care, 62(11), 1466–1473. https://doi.org/10.4187/respcare.05009

Mustika, M. B., & Objantoro, E. (2020). Analisis Mazmur 3 Untuk Praktik Konseling Krisis. Kharisma: Jurnal Ilmiah Teologi, 1(1), 14–22. https://doi.org/10.54553/kharisma.v1i1.5

Nainggolan, A. M., & Daeli, A. (2021). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Implikasinya bagi Pembelajaran. Journal of Psychology “Humanlight,” 2(1), 31–47. https://doi.org/10.51667/jph.v2i1.554

Nurmansyah, R., & Hutasuhut, Y. A. A. (2021, August 27). No Title. Suara.Com, 7.

Purba, A. (2020). Membangun Kepedulian Sosial Di Tengah Wabah Pandemi Covid-19 Sebuah Refleksi Lukas 10: 25 – 37. Jurnal TEDC, 14(2), 159–164.

Purba, A., & Nainggolan, A. M. (2021). Pola Asuh Orang Tua Kristen Terhadap Anak Dalam Menghadapi Tantangan Kemajuan Zaman. Montessori Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini, 2(1), 1–18. https://doi.org/10.51667/mjpkaud.v2i1.593

Rahayu, S. M. (2017). Konseling Krisis: Sebuah Pendekatan dalam Mereduksi Masalah Traumatik pada Anak dan Remaja. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 2(1), 53–56. https://doi.org/10.26740/jp.v2n1.p65-69

Ramadhan, A. S. (2021, August 9). No Title. Suara Riau.Id, online.

Ridder, H. G., Miles, M. B., Michael Huberman, A., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis. A Methods Sourcebook. Zeitschrift Fur Personalforschung, 28(4), 485–487. https://doi.org/10.1177/239700221402800402

Rofiah, S. (2021). Psikologi Anak Masuk Sekolah Usia 6 Tahun (M. Nasrudin (ed.)). PT. Nasya Expanding Management.

Setyowahyudi, R. (2020). Pemikiran Ki Hajar Dewantara dan Maria Montessori tentang Pendidikan Anak Usia Dini. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 17–35. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i1.5610

Sidjabat, B. (2008). Membesarkan Anak dengan Kreatif. In Ebook. ANDI.

Simanjuntak, L. Z., Malik, M., & Hutahaean, H. (2021a). Efektifitas Strategi Pelayanan Pastoral Konseling Kepada Pasien Panti Rehabilitasi Narkoba. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat, 5(1), 67–79. https://doi.org/10.46445/ejti.v5i1.352

Simanjuntak, L. Z., Malik, M., & Hutahaean, H. (2021b). Efektifitas Strategi Pelayanan Pastoral Konseling Kepada Pasien Panti Rehabilitasi Narkoba. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat, 5(1), 67. https://doi.org/10.46445/ejti.v5i1.352

Simon, Simon . (2020). Respon Orang Kristen Terhadap Pemberitaan Televisi Mengenai Covid-19. Jurnal Gamaliel : Teologi Praktika, 2(2), 114–131. https://doi.org/https://doi.org/10.38052/gamaliel.v2i2.52

Siregar, N., Hutahaean, H., & dkk. (2021). Pola Asuh Dalam Keluarga Dan Pengaruhnya Pada Pendidikan Karakter. Guna Widya : Jurnal Pendidikan Hindu, 8(2), 190–199. https://doi.org/10.25078/gw.v8i2.2462

Sobur, A. (2015). Kamus psikologi. CV. Pustaka Setia.

Susabda, Y. (2000). People Helpers Ministry Indonesia; Buku Panduan Pelayanan Konseling Melalui Telepon. People Helpers Ministry Indonesia.

Susabda, Y. (2016). Pastoral Konseling: Pendekatan Konseling Pastoral Berdasarkan Integrasi Teologi dan Psikologi. BPK Gunung Mulia.

Taufik, M. (2021, July 9). No Title. Suara.Jatim.Id, online.

Teguh Ali Fikri, Y. (2021). Analisis Peningkatan Angka Pengangguran akibat Dampak Pandemi Covid 19 di Indonesia. Indonesian Journal of Business Analytics, 1(2), 107–116. https://doi.org/10.54259/ijba.v1i2.59

Yosephin, N. (2020). Optimalisasi Kearifan Lokal Batak Toba Sebagai Upaya Preventif Kekerasan Terhadap Anak. CV. Pustaka Prima.




DOI: https://doi.org/10.54592/jct.v1i2.26

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Asmat Purba, Lisna Novalia, Linda Zenita Simanjuntak

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by: Sekolah Tinggi Teologi Anugerah Indonesia
Institution Website:https://anugrah.ac.id/
Address: Kampus Utama: BG Junction Mall L2/P5, Jl. Bubutan 1-7 Surabaya
e-jurnal Website: https://e-journal.anugrah.ac.id/index.php/JCH/index
e-ISSN: 2808-4454 p-ISSN: 2808-8735

Charistheo Indexed by:

               

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0).