Menggagas Gaya Hidup Digital umat Kristiani di Era Society 5.0

Yakobus Adi Saingo

Abstract


This study aims to discuss the idea of the lifestyle of digital Christians in the era of society 5.0, using a qualitative method through a literature study approach, namely by collecting information from various scientific literature related to studies on initiating a digital lifestyle of Christians in the era of society 5.0. The results of the study show that even though there are challenges to faith in the era of society 5.0 such as: the existence of unlimited digital information that can be accessed by anyone, the emergence of individualistic and anti-social behavior phenomena, the spread of hoax and misleading news, exploring digital applications as a tool for seeking pseudo-happiness, and developing them. instant lifestyle through the use of digital technology. However, if these challenges are not addressed with a strong foundation of faith, it will lead Christians to behavior that is inconsistent with Christian values. There needs to be a complete and comprehensive understanding between Christianity and society 5.0, which is synonymous with digitalization so that Christian life can still be an example and a blessing to others. There are ideas for a digital lifestyle for Christians that can be developed in the era of society 5.0, including: Utilizing digital technology for evangelism, being selective in using digital technology, namely filtering various digital information obtained first, working with digital technology to be a blessing to each other, while maintaining a lifestyle with integrity in the real world and cyberspace, and being a person who is wise in the use of information technology.

 


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan membahas tentang menggagas gaya hidup digital umat Kristiani di era society 5.0,menggunakan metode kualitatif melalui pendekatan kajian kepustakaan yaitu dengan mengumpulkan informasi dari berbagai literatur ilmiah yang berkaitan dengan kajian tentang menggagas gaya hidup digital umat Kristiani di era society 5.0. Hasil penelitian mengemukakan bahwa meskipun terdapat tantangan iman di era society 5.0 seperti: adanya informasi digital tanpa batas yang dapat diakses oleh siapapun, munculnya fenomena perilaku individualistis dan anti sosial, beredarnya berita hoaks dan penyesatan, penyalahgunaan aplikasi digital sebagai alat mencari kebahagiaan semu, dan berkembangnya pola hidup serba instan melalui penggunaan teknologi digital. Namun jikalau tantangan-tantangan tersebut tidak disikapi dengan landasan keimanan yang kuat akan dapat menjerumuskan umat Kristen dalam perilaku yang tidak sesuai nilai-nilai Kristiani. Perlu adanya pemahaman yang utuh serta menyeluruh antara Kekristenan dan society 5.0, yang identik dengan digitalisasi sehingga kehidupan umat Kristiani tetap mampu menjadi teladan dan berkat bagi sesamanya. Terdapat gagasan gaya hidup digital umat Kristiani yang dapat dikembangkan di era society 5.0, antara lain: Memanfaatkan teknologi digital untuk penginjilan, menjadi pribadi yang selektif dalam menggunakan teknologi digital yaitu menyaring terlebih dahulu berbagai informasi digital yang diperoleh, berkarya dengan teknologi digital untuk menjadi berkat bagi sesama, tetap menjaga gaya hidup berintegritas dalam dunia nyata maupun dunia maya, serta menjadi pribadi yang bijak dalam penggunaan teknologi informasi.

Kata-kata kunci: Digital; Era society 5.0; Gaya Hidup; Umat Kristen



Keywords


Christian; Digital; Globalization era; Lifestyle

Full Text:

PDF

References


Afi, K. E. Y. . (2022). Pendidikan Karakter di Era Globalisasi pada Jemaat Gmit Ebenhaezer Matani. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2928–2937.

Amaly, N., & Armiah, A. (2021). Peran Kompetensi Literasi Digital Terhadap Konten Hoaks dalam Media Sosial. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 20(2), 43–52.

Anisah, L., & Aminah. (2022). Positive Parenting: Peran Orangtua dalam Mendidik Anak, Bijak Menggunakan Gadget dan Bermedia Sosial di Era Digital. Prosiding Hasil-Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Tahun 2019, 154–157.

Arifianto, Y. A., Anjaya, C. E., & Joswanto, A. (2023). Kajian Teologis Atas Konsep Otoritas dalam Matius 25:14-30 dan Refleksinya bagi Kepemimpinan Gereja Era Digital. Charistheo: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 2(2), 167–180.

Barsan, O. P., Alfani, H., & Wuladari, S. (2020). Perubahan Pilihan Dalam Mengakses Tayangan Media Informasi Dari Media Streaming Ke Media Digital (Studi Kasus Pada Masyarakat Desa Lunggaian Kecamatan Lubuk Bat Ang Kabupaten Ogan Komering Ulu). Jurnal Komunikasi Dan Budaya, 1(2), 130–139.

Boiliu, F. M. (2020). Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen dalam Keluarga Di Era Digital. Te Deum: Jurnal Teologi Dan Pengembangan Pelayanan, 10(1), 107–119.

Cipolletta, S., Malighetti, C., Cenedese, C., & Spoto, A. (2020). How Can Adolescents Benefit from the Use of Social Networks? The iGeneration on Instagram. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(19), 1–15.

Debora, & Prayitno, I. (2022). Penanggulangan Kecanduan Permainan Daring Melalui Pendidikan Karakter Mata Pelajaran PAK (Pendidikan Agama Kristen). Jurnal Darma Agung, 30(3), 965–977.

Diana, R. (2019). Peran Komunikator Kristen Dalam Strategi Pekabaran Injil Di Era Revolusi Industri 4.0. INTEGRITAS: Jurnal Teologi, 1(1), 66–73.

Hartono, J. (2019). Kajian Literatur dan Arah Topik Riset ke Depan. ANDI OFFSET.

Hermawan, D. (2019). Dampak Globalisasi Terhadap Moralitas Remaja (Studi SMK Swasta Putra Bunda Tanjung Pura) Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Serunai Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(1), 88–93.

Hermawanto, A., & Anggraini, M. (2020). Globalisasi, Revolusi Digital dan Lokalitas: Dinamika Internasional dan Domestik di Era Borderless World. LPPM Press.

Hilir, A. (2021). Teknologi Pendidikan di Abad Digital. Lakeisha.

Kahar, M. I., Cikka, H., Afni, N., & Wahyuningsih, N. E. (2021). Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Era Society 5.0 di Masa Pandemi Covid 19. MODERASI: Jurnal Studi Ilmu Pengetahuan Sosial, 2(1), 58–78.

Lobang, M. M., & Camerling, Y. F. (2021). Media Pembelajaran dan Kurikulum Pendidikan Jemaat dalam Gereja Berbasis Online untuk Menghadapi Perubahan Globalisasi Abad ke-21. JITPAK: Jurnal Ilmu Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 2(1), 61–78.

Majir, A. (2021). Pendidikan Kewirausahaan Teori dan Praktik (Melahirkan Enterpreneurship Handal di Era Industry 4.0 & Society 5.0). Deepublish Publisher.

Manurung, K. (2020). Memaknai Kemarahan Allah Dari Sudut Pandang Teologi Pentakosta Di Era Post Modern. VISIO DEI: Jurnal Teologi Kristen, 2(2), 307–328.

Masinambow, Y., & Nasrani, Y. (2021). Christian Education as a Tool for Spiritual Formation in the Millennial Generation. PASCA: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 17(1), 64–81.

Mude, E. (2022). Implementasi Pendidikan Warga Gereja Meneguhkan Sikap Etika Moral Menjawab Pengaruh Disrupsi Teknologi. INTEGRITAS: Jurnal Teologi, 4(1), 48–61.

Nur, E. (2021). Peran Media Massa Dalam Menghadapi Serbuan Media Online. Jurnal Majalah Semi Ilmiah Populer Komunikasi Massa, 2(1), 51–64.

Nurkholis, A., Susanto, E. R., & Wijaya, S. (2021). Penerapan Extreme Programming dalam Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Publik. J-SAKTI: Jurnal Sains Komputer & Informatika, 5(1), 124–134.

Prihanto, A., Pheanto, Y., & Menda, J. D. (2022). Penerapan Teknologi Multimedia dalam Meningkatkan Minat Beribadah Remaja dan Pemuda. EULOGIA: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 2(2), 63–72.

Rantung, D. A., & Boiliu, F. M. (2020). Teknologi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Yang Antisipatif Di Era Revolusi Indusri 4.0. Jurnal Shanan, 4(1), 93–107.

Saingo, Y. A. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Pembentukan Karakter Kristiani Tingkat Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Shanan, 6(1), 89–110.

Saputro, J., Missa, A., & Sitinjak, A. P. (2022). Memetakan Tantangan Pendidikan Kristiani bagi Remaja Menghadapi Gaya Hidup Era Society 5.0. Regula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 7(2), 222–236.

Suarga, B. B. (2021). Pengaruh Kultur Digital dalam Hidup Beriman Kristiani: Membangun Langkah Pastoral yang Relevan. HARVESTER: Jurnal Teologi Dan Kepemimpinan Kristen, 6(2), 160–196.

Subakti, H., Chamidah, D., Siregar, R. S., Saputro, A. N. C., Rechard, M., Nurtanto, M., Kuswandi, S., Ramadhani, R., & Sitopu, J. W. (2021). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.

Suhartono, & Yulieta, N. R. (2019). Pendidikan Akhlak Anak Di Era Digital. AT-TUROTS: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 36–53.

Susanti, L. E., & Nurmiati. (2022). Penanggulangan Dampak Penggunaan Media Sosial Hoax Guna Mewujudkan Kesatuan Bangsa. Jurnal Ahmad Dahlan Legal Perspective, 2(2), 153–168.

Sya’idah, N., Perdana, A. S., Desyandri, & Murni, I. (2022). Pentingnya Pendidikan Nilai terhadap Siswa Sekolah Dasar di Era Global. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11819–11824.

Tampenawas, A. R., Ngala, E., & Taliwuna, M. (2020). Teladan Tuhan Yesus Menurut Injil Matius Dan Implementasinya Bagi Guru Kristen Masa Kini. EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership, 1(2), 214–231.

Tarantang, J., Awwaliyah, A., Astuti, M., & Munawaroh, M. (2019). Perkembangan sistem pembayaran digital pada era revolusi industri 4.0 di indonesia. Jurnal Al Qardh, 4(1), 60–75.

Tari, E. (2020). Konsep Gereja Berdasarkan Kisah Para Rasul 2:41-47 dan Aplikasinya dalam Bergereja di Era Digital. HARVESTER: Jurnal Teologi Dan Kepemimpinan Kristen, 5(1), 1–13.

Telaumbanua, A., & Butarbutar, R. D. (2022). Misi Pendidikan Agama Kristen Berbasis Digital di Tengah Masyarakat Plural. Charistheo: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 2(1), 86–99.

Tng, A., & Sudirman, L. (2022). Menciptakan Internet Sehat Dikalangan Pelajar Perspektif UU ITE. Prosiding National Conference for Community Service Project, 4(1), 1527–1531.

Umayah, U., & Riwanto, M. A. (2020). Transformasi Sekolah Dasar Abad 21 New Digital Literacy untuk Membangun Karakter Siswa Di Era Global. JURNAL PANCAR: Pendidik Anak Cerdas Dan Pintar, 4(1).

Wulandari, D., & Hermiati, D. (2019). Deteksi Dini Gangguan Mental dan Emosional pada Anak yang Mengalami Kecanduan Gadget. Jurnal Keperawatan Silampari, 3(1), 382–392.




DOI: https://doi.org/10.54592/jct.v3i1.139

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Yakobus Adi Saingo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.