Kajian Hermeneutis Ungkapan “Sungguh Amat Baik†dalam Kejadian 1:31 Ditinjau dari Perspektif Redemptive-Historical Approach
DOI:
https://doi.org/10.54592/jct.v1i2.14Keywords:
Genesis 1, 31, it was very good, Redemption History, Creation, Hermeneutics, Kejadian 1, Sungguh amat baik, Sejarah Penebusan, Penciptaan, HermeneutikAbstract
Abstract
The phrase “it was very good†in Genesis 1:31 is a phrase that has important theological and historical significance in the redemptive historical of Christ. The history of redemption itself, as a hermeneutical approach, cannot be separated from the events of creation. Presented in a qualitative descriptive form with the method of literature study and grammatical textual analysis, this article is intended to do a hermeneutical study of the expression “it was very good†in Genesis 1:31, which is carried out from the perspective of the redemptive historical approach, to then find its theological and historical meaning. The results of this study conclude that based on a hermeneutical study from the perspective of the redemptive historical approach, the expression “it was very good†in Genesis 1:31 has two important meanings, first, the theological meaning in terms of genealogy/origins of creation where this expression is God's qualitative assessment of the quality of all creation that is perfect, complete and harmonious, which reflects the quality of God as the Creator. Second, the historical meaning which is viewed from the eschatology of Christ's redemption where this expression is the beginning of history which progressively, after the fall of man into sin, also acts as the beginning and end of the history of redemption. The phrase “it was very good†is the ultimate goal/ultimate quality of all creation that Christ has redeemed. Christ's redemptive work restores the quality of the value of creation to its original state, as God intended from the beginning.
Abstrak
Ungkapan “sungguh amat baik†dalam Kejadian 1:31 merupakan frasa yang memiliki makna teologis dan historis yang penting dalam sejarah penebusan Kristus. Sejarah penebusan sendiri sebagai suatu pendekatan hermeneutis, tidak dapat dipisahkan dari peristiwa penciptaan. Disajikan dalam bentuk kualitatif deskriptif dengan metode studi literature dan analisis tekstual grammatical, tulisan dimaksudkan untuk melakukan kajian hermeneutis terhadap ungkapan “sungguh amat baik†dalam Kejadian 1:31, yang dilakukan dari perspektif redemptive historical approach, untuk kemudian menemukan makna teologis dan historisnya. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa berdasarkan kajian hermeneutis dari perspektif redemptive historical approach, ungkapan “sungguh amat baik†dalam Kejadian 1:31 memiliki dua makna penting yaitu pertama, makna teologis ditinjau dari silsilah/asal-usul penciptaan dimana ungkapan ini merupakan penilaian kualitatif Allah atas kualitas segala ciptaan yang sempurna, utuh dan harmonis, yang mencerminkan kualitas Allah sebagai Pencipta. Kedua, makna historis yang ditinjau dari eskatologis penebusan Kristus dimana ungkapan ini merupakan awal dari sejarah yang secara progressive, setelah kejatuhan manusia dalam dosa, juga berperan sebagai awal dan tujuan akhir sejarah penebusan. Ungkapan “sungguh amat baik†merupakan tujuan akhir/kualitas akhir segala ciptaan yang telah ditebus Kristus. Karya penebusan Kristus mengembalikan kualitas nilai ciptaan kepada keadaanya yang semula, sebagaimana Allah maksudkan sejak awal.
References
Anghelescu, G. F. (2016). Dumnezeu şi creaţia la Sfântul Grigorie de Nyssa. In Analele Universitatii Ovidius Constanta, Seria Filologie (Vol. 27, Issue 2).
Barton, J., & Muddiman, J. (2001). The Oxford Bible Commentary. Oxford University Press.
Berkhof, L. (1994). Teologi Sistematika: Doktrin Manusia. Momentum.
BibleWork. (2017). Bible Work 8.0 (8.0).
Blomberg, C., Gaffin, R., Spencer, S., Wall, R., & Westphal, M. (2012). Biblical Hermeneutics: Five View. Intervarsity Press.
Douglas, J. D., & Tenney, M. C. (2009). Zondervan Illustrated Bible Dictionary. Zondervan.
Dube, M. W. (2015). And god1 saw that it was very good: An earth-friendly theatrical reading of genesis 1. Black Theology, 13(3). https://doi.org/10.1179/1476994815Z.00000000060
Erickson, M. J. (2001). Concise Dictionary of Christian Theology. Crossway.
Henry, M. (2000). Commentary on the Whole Bible Volume I (Genesis to Deuteronomy). In Commentary on the Whole Bible. Christian Classics Ethereal Library. http://www.ccel.org/ccel/henry/mhc1.html
Hoft, I. (2001). Anda Merasa Di Tolak (1st ed.). BPK Gunung Mulia.
Karlau, S. A. (2020). Kajian Teologis dan Yuridis Sistem Pendidikan menurut Struktur Teks Kejadian 1:1-31. PASCA: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 16(2). https://doi.org/10.46494/psc.v16i2.107
Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Nazir, M. (1993). Metode Penelitian. Ghalia Indonesia.
Pleydell-Pearce, A. G. (1970). Hermeneutics. Richard E. Palmer. . Journal of the British Society for Phenomenology, 1(3). https://doi.org/10.1080/00071773.1970.11006148
Purba, D. W. (2018). Hermeneutika Sebagai Metode Pendekatan Dalam Teologi. Regula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 3(1).
Purba, J. L. P., Pramono, Y. W., & Rimun, R. (2021). Implementasi Arkeologi Alkitabiah (Biblical Archaeology) Dalam Hermeneutik Sebagai Metode Penafsiran Alkitab. The New Perspective in Theology and Religious Studies (NPTRS), 2(2), 65–81.
Purba, J. L. P., & Rimun, R. (2021). Kritik terhadap Metode Tafsir Hermeneutik Pembebasan terhadap Peristiwa Keluaran Sebagai Suatu Bentuk Pembebasan. Jurnal Teologi Amreta, 4(2). http://ojs.sttsati.ac.id/index.php/amreta/article/view/54
Sihombing, B. (2018). Studi Penciptaan Menurut Kitab Kejadian 1:1-31. Kurios, 1(1). https://doi.org/10.30995/kur.v1i1.15
Sosipater, K. (2011). Etika Taman Eden. Harapan Bangsa.
Subagyo, A. B. (2020). Pengantar Riset Kualitatif dan Kuantitatif Termasuk Riset Teologi dan Keagamaan. Yayasan Kalam Hidup.
Verdianto, Y. (2020). Hermeneutika Alkitab Dalam Sejarah: Prinsip Penafsiran Alkitab Dari Masa ke Masa. Mitra Sriwijaya: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 1(1). https://doi.org/10.46974/ms.v1i1.2
Wachid, A. (2006). Hermeneutika Sebagai Sistem Interpretasi Paul Ricoeur Dalam Memahami Teks- Teks Seni. Imaji, 14(2).
Yuliana, F. (2018). Redemptive-Historical Approach: Suatu Pendekatan Hermeneutis Injili Yang Kristosentris. Veritas: Jurnal Teologi Dan Pelayanan, 17(2). https://doi.org/10.36421/veritas.v17i2.313
Zaluchu, S. E. (2021a). Metode Penelitian di dalam Manuskrip Jurnal Ilmiah Keagamaan. Jurnal Teologi Berita Hidup, 3(2). https://doi.org/10.38189/jtbh.v3i2.93
Zaluchu, S. E. (2021b). Studi Perjanjian Lama Pentateuch Narasi-Narasi Utama Kitab Musa. Golden Gate Publishing.
Downloads
Published
Issue
Section
License

Jurnal CHARISTHEO di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.