Kontribusi Guru Pendidikan Agama Kristen Sebagai Orang Tua Kedua (Second Parents) dalam Menata Moral Peserta Didik

Ricu Sele, Jepri Mei Anto

Abstract


The intensity of a teacher's meeting with his students at school is very high, it causes a strong psychological bond. One of the psychological bonds that occurs is the role of teachers as parents. This study aims to illustrate how the role of a teacher as a second parent. A teacher can be present as a father or mother to his students. Research was conducted to get an idea of how the role of a teacher as a parent for his students. Research was conducted to get an idea of how the role of a teacher as a parent for his students. This research is qualitative research where researchers use literature sources related to this research including books, journals and other literature sources. The source was used to find descriptive data about a teacher's role as a second parent. It is hoped that this research will contribute to teachers being able to carry out their roles both as educators and second parents for students, so that there is effective communication established in order to achieve educational goals properly and maximally.

 

ABSTRAKS

Intensitas pertemuan Seorang guru dengan anak didiknya di sekolah sangat tinggi. Hal itu menyebabkan adanya ikatan psikologis yang kuat. Salah satu ikatan psikologis yang terjadi adalah peran guru sebagai orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana peran seorang guru sebagai orang tua kedua. Seorang guru dapat hadir sebagai ayah atau ibu bagi anak didiknya. Penelitian dilakukan untuk mendapat gambaran bagaimana peran seorang guru sebagai orang tua bagi anak didikanya. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dimana peneliti  menggunakan sumber-sumber literatur yang berkaitan dengan penelitian ini antara lain buku, jurnal dan sumber literatur lainnya. Sumber tersebut digunakan untuk menemukan data deskriptif tentang peran seorang guru sebagai orang tua kedua. Kiranya penelitian ini dapat memberi manfaat bagi setiap setiap guru untuk dapat menjalankan perannya baik sebagai pendidik maupun orang tua kedua bagi para siswa-siswinya. Juga bagi peserta didik, orang tua/wali, serta setiap pelaku pendidikan, sehingga ada komunikasi efektif yang terjalin demi tercapainya tujuan pendidikan secara baik dan maksimal. 

Kata Kunci: Guru, orang tua, pendidikan, efektif, siswa-siswi


Keywords


Teachers, parents, education, effective, students

Full Text:

PDF

References


Abi, A. R. (2017). Paradigma Membangun Generasi Emas Indonesia Tahun 2045. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2(2), 85–90. https://doi.org/10.17977/um019v2i22017p085

Anwar, S. (2007). Kompetensi Guru Madrasah. PT.Raja Grafindo.

Cahyani, A. D., Yulianingsih, W., & Roesminingsih, M. (2021). Sinergi antara Orang Tua dan Pendidik dalam Pendampingan Belajar Anak selama Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1054–1069. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1130

Dariyo, A. (2004). Memahami Psikologi Perceraian dalam Kehidupan Keluarga. Jurnal Psikologi, 2(2), 94–100.

Darna, N., & Herlina, E. (2018). Memilih Metode Penelitian Yang Tepat: Bagi Penelitian Bidang Ilmu Manajemen. Jurnal Ilmu Manajemen, 5(1), 287–292.

Hamid, A. (2017). Guru Profesional. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman Dan Kemasyarakatan, 17(2), 274–285. https://doi.org/10.47732/alfalahjikk.v17i2.26

Herlina Indiani Fialay. (2022). PERANAN DOA JEMAAT BERDASARKAN KISAH PARA RASUL 4:29-31 BAGI PENGUTUSAN. Sekolah Tinggi Teologi Arrabona Bogor, 4(2), 263.

Husain, H., Sembiring, L. A., & Simon, S. (2021). Menerapkan Pola Pendidikan Perjanjian Baru pada Pendidikan Kristiani Masa Kini. REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 6(2).

Kandiri, K., & Arfandi, A. (2021). Guru Sebagai Model Dan Teladan Dalam Meningkatkan Moralitas Siswa. Edupedia : Jurnal Studi Pendidikan Dan Pedagogi Islam, 6(1), 1–8. https://doi.org/10.35316/edupedia.v6i1.1258

Mudak, S. (2017). Makna Doa Bagi Orang Percaya. Missio Ecclesiae, 6(1), 97–111.

Naibaho, D. (2018). Peranan guru sebagai fasilitator dalam perkembangan peserta didik. Jurnal Christian Humaniora, 2(1), 77–86.

Nelly Nelly, F. M. A. (2021). PERAN GURU SEBAGAI ORANG TUA ROHANI BERDASARKAN SURAT I DAN II TIMOTIUS. Institutio, 7(1).

Norlena, I. (2015). Sekolah Sebagai Organisasi Formal (Hubungan Antar Struktur). Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(2), 43–55.

O Najoan, R. A., Lala, W. C. I., & Ratunguri, Y. (2023). Peran Guru Sebagai Motivator Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(03), 215–227. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i03.1632

Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran; Mengembangakan Profesionalisme Guru. PT Raja Grapindo Persada.

Sembiring, L. A., & Simon, S. (2022). Kontribusi Pengajar Pendidikan Agama Kristen Dalam Membantu Pemulihan Traumatis Korban Pelecahan Seksual. Jurnal Shanan, 6(1), 25–44. https://doi.org/https://doi.org/10.33541/shanan.v6i1.3624

Simanjuntak, R. (2015). Peranan Roh Kudus dalam Pertumbuhan Iman Orang Percaya dan Penerapannya dalam Kelas Pendidikan Agama Kristen. SANCTUM DOMINE: JURNAL TEOLOGI, 2(1), 117–143.

Sutirna. (2013). Bimbingan dan konseling. penidikan formal, nonformal dan informal. CV Andi Offset.

Telaumbanua, A. (2018). Peranan guru pendidikan agama kristen dalam membentuk karakter siswa. FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika, 1(2), 219–231.

Yulia. (2020). PERILAKU SOSIAL ANAKREMAJA YANG MENYIMPANGAKIBAT BROKEN HOME. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1).




DOI: https://doi.org/10.54592/jct.v3i1.152

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ricu Sele

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by: Sekolah Tinggi Teologi Anugerah Indonesia
Institution Website:https://anugrah.ac.id/
Address: Kampus Utama: BG Junction Mall L2/P5, Jl. Bubutan 1-7 Surabaya
e-jurnal Website: https://e-journal.anugrah.ac.id/index.php/JCH/index
e-ISSN: 2808-4454 p-ISSN: 2808-8735

Charistheo Indexed by:

               

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0).