Pernyataan Iman Menurut Roma 10:9 dan Relevansinya bagi Kaum Difabel Kategori Tunawicara

Arif Wicaksono, Laurens Ruben Sumisu

Abstract


The statement of faith according to Romans 10:9 is a call to confess Jesus Christ as Lord and accept His resurrection from the dead. This verse emphasizes the importance of verbal confession of the Christian faith and belief in the heart in the truth of Christ's resurrection as the basis for salvation. For disabled people in the speech category, who may face communication challenges. In order to find the relevance of this confession of faith to the faith of the Speech Impaired, the author uses a literature study approach. Based on research conducted, confession does not always have to be verbal. Confession of faith can be done in a deep heart and awareness of the universal gift of salvation, not limited by communication limitations. The relevance of Romans 10:9 for the deaf category lies in their ability to experience, express, and celebrate the Christian faith through various forms of communication, while the Church provides support and inclusivity to ensure their safety and spiritual growth.


ABSTRAK

Pernyataan iman menurut Roma 10:9 adalah panggilan untuk mengakui Yesus Kristus sebagai Tuhan dan mempercayai kebangkitan-Nya dari antara orang mati. Ayat ini menekankan pentingnya pengakuan verbal terhadap iman Kristen dan keyakinan dalam hati akan kebenaran kebangkitan Kristus sebagai dasar keselamatan. Bagi kaum difabel kategori tunawicara, yang mungkin menghadapi tantangan komunikasi. Guna menemukan relevansi pengakuan iman ini terhadap keimanan kaum Tuna wicara penulis menggunakan  pendekatan studi pustaka. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pengakuan tidak selalu harus bersifat verbal. Pengakuan iman dapat dilakukan dalam hati yang mendalam serta kesadaran akan anugerah keselamatan yang universal, tidak terbatas oleh keterbatasan komunikasi. Relevansi Roma 10:9 bagi kaum difabel kategori tunawicara terletak pada kemampuan mereka untuk mengalami, menyatakan, dan merayakan iman Kristen melalui berbagai bentuk komunikasi, sementara gereja memberikan dukungan dan inklusivitas untuk memastikan keselamatan dan pertumbuhan rohani mereka..

 

Kata-kata kunci: Difabel, Pernyataan Iman, Roma 10:9, Tunawicara.



Keywords


Keywords: Disabled, Statement of Faith, Romans 10:9, Speech Impaired

Full Text:

PDF

References


Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980.

Bangun, S. Y. (2016). Pengembangan Pengetahuan Anak Difabel Melalui Pendidikan Jasmani Olahraga dan Outbound. Journal Physical Education, Health, and Recreation, 01.

Chrisnataliaa, D., Damanikb, E. C., Ariyantoc, R., Wenardyd, A., & Tannia, M. (2022). Problematika Relawan: Pendampingan Spiritualitas dan Religiusitas Kristen Anak Difabel Kristen. INKLUSI : Journal of Disability Studies, 01.

Dayanti, F., & Pribadi, F. (2022). Dukungan Sosial Keluarga Penyandang Disabilitas dalam Keterbukaan Akses Menempuh Pendidikan. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 8(1), 46–53.

Devi, D., Ivan, I., & Rumbi, F. P. (2021). Peran Gereja dalam Memberdayakan Penyandang Disabilitas di Gereja Toraja Jemaat Kaero. KINAA: Jurnal Kepemimpinan Kristen Dan Pemberdayaan Jemaat, 2(1).

Eva Kezia Siringoringo, D. (2013). Aplikasi Alat Bantu Ajar Cerita Alkitab Interaktif (Studi Kasus: GPPS Filadelfia Wonogiri). Program Studi Teknik Informatika FTI-UKSW.

Habudin, I. (2016). Konstruksi pendidikan yang memanusiakan manusia: Transformasi pemikiran paulo freire dalam konteks pendidikan inklusif. Jurnal Difabel, 3(3), 1–19.

Harisantoso, I. T. (2022). Persepsi Jemaat Tentang Kaum Disabilitas Dan Akses Mereka Ke Dalam Pelayanan Gereja. Visio Dei: Jurnal Teologi Kristen, 4(1), 58–81.

Ka’pan, P. (2007). Kebangkitan Yesus Kristus Dasar Iman Kristen. Jurnal Jaffray, 5(1), 7–14.

Kuslin, T., & Marthin, M. (2021). Pemanfaatan Media pada Pembelajaran Pendidikan Agama Katolik Tingkat Sekolah Dasar di Wilayah Kota Pontianak. Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Katolik, 1(1), 44–65.

Lepong, Y. (2020). Implementasi Pengajaran Yesus Melalui Penginjilan Terhadap Spiritualitas Gereja Pada Masa Kini.

LERISAM, W. (2022). Peran Para Suster SSpS dalam Mewujudkan Inklusivitas terhadap Kaum Difabel di Panti Rehabilitasi Kusta-Cacat St. Damian Unit Binongko dalam Terang Ensiklik Fratelli Tutti dan Relevansinya bagi Karya Pastoral Gereja terhadap Kaum Difabel. IFTK Ledalero.

Magnis-Suseno, F. (2014). Iman dan Hati Nurani. Gereja Berhadapan dengan Tantangan Tantangan Zaman. Penerbit Obor.

Malau, O., Sihombing, R., Sitompul, S. R., & Sipahutar, M. A. (2022). Meningkatkan Ketrampilan Lulusan melalui Pengembangan Kurikulum Pastoral Konseling Berdasarkan Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka dalam Kegiatan Magang di Institut Agama Kristen Negeri Tarutung. JURNAL TERUNA BHAKTI, 4(2), 242–256.

Mallisa, R. (2021). Pendidikan Agama Kristen yang Terintegrasi Terhadap Pembentukan Karakter dan Mental Penyandang Disabilitas.

Mendrofa, A. (2020). Analisis Tentang Keselamatan Menurut Roma 10: 4-15 Dan Aplikasinya Bagi Orang Percaya. HAGGADAH: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 1(2), 87–93.

Non, N., Tari, E., & Weny, N. A. (2022). Tanggung Jawab Gereja bagi Kaum Difabel di GMIT Jemaat Lahai Roi Tofa, Klasis Kota Kupang Timur. Danum Pambelum: Jurnal Teologi Dan Musik Gereja, 2(2), 180–187.

Panggabean, G., & Saragih, J. (2023). Kajian Dogmatis Atas Penerimaan Terhadap Warga Difabel Dalam Persekutuan Gereja. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 11315–11326.

Paulus Kunto Baskoro. (2021). Tinjauan Teologis Konsep Keselamatan Menurut Roma 10:9 dan Implikasinya Bagi Penginjilan Masa Kini. JUTELOG (Jurnal Teolog), 02.

Pribadi, A. E. (2021). DUKUNGAN GEREJA BAGI KAUM DIFABEL DAN INSPIRASI TEOLOGI INKARNASI JEAN VANIER. Melintas, 37.

Pulungan, K. D. (2021). PENGANTAR PERJANJIAN BARU VOLUME 2 (Donald Guthrie BD, M. Th, PhD.

Saefatu, M., Nigha, J. M., Kabnani, S., Taopan, M., & Maukoni, A. J. (2023). Praktek Edukasi Spiritual Kaum Difabel Lewat Pembelajaran Alkitab di Sentra Efata Kupang. I-Com: Indonesian Community Journal, 3(3), 1433–1443.

Sairin, W. (2021). PAK dalam Sekolah Kristen. Pendidikan Agama Kristen Dalam Alkitab Dan Dunia Pendidikan Masa Kini, 132.

Sidabutar, H., & Banunaek, N. (2022). Penerapan Pendidikan Agama Kristen Keluarga dan Gereja Bagi Pengembangan Spritualitas Remaja Kristen. DIDAXEI, 3(1), 319–331.

Sihotang, P. S., Purba, L., & Hutabalian, H. (2022). Pemahaman Tentang Keselamatan Dalam Yohanes 3: 16 Terhadap Keaktifan Melayani Di Gereja Bagi Mahasiswa STT Sumatera Utara. Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 1(1), 36–44.

Stevanus, K. (2020). Karya Kristus Sebagai Dasar Penginjilan di Dunia Non-Kristen. Fidei : Jurnal Teologi Sitematika Dan Praktika, 03.

Sugiono, S., & Dompas, B. H. (2022). Studi Komparatif Teologi Paulus berdasarkan Surat Roma dengan Teologi Yakobus berdasarkan Surat Yakobus tentang Keselamatan. ELEOS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 2(1), 50–67.

Suyadnya, I. W. P., Candra, I., Ginarsa, N. A. N., & Suartika, I. M. (2018). Alat Bantu Komunikasi Terintegrasi bagi Penyandang Tuna Wicara Berbasis Sensor Gerak dan OpenWrt. E-Journal Spektrum, 5(2), 176–177.

Tatang Josep, D. V., Shania, C., & Noveria, S. D. (2022). PERAN LOGIKA DALAM TINDAKAN IMAN DAN RELEVANSINYA DALAM KEHIDUPAN KEKRISTENAN. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 03.

Tuber, T. (2020). IMPLEMENTASI SPIRITUALITAS VINSENSIAN BAGI PENDAMPINGAN ORANG BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLB BHAKTI LUHUR MADIUN. STKIP Widya Yuwana.

Wenno, V. K., Patty, M. I., & Talupun, J. S. (2021). Memahami Karya Allah melalui Penyandang Disabilitas dengan Menggunakan Kritik Tanggapan Pembaca terhadap Yohanes 9: 2-3. EPIGRAPHE: Jurnal Teologi Dan Pelayanan Kristiani, 4(2), 141–153.

Wonatorei, F., & Waani, M. A. (2021). Metode Penginjilan Yesus Kristus Menurut Injil Lukas. KHARISMATA: Jurnal Teologi Pantekosta, 3(2), 148–162.

XVI, B., & Pătraşcu, M. (2011). Porta Fidei. Salvatori.




DOI: https://doi.org/10.54592/jct.v3i2.189

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Arif Wicaksono, Laurens Ruben Sumisu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by: Sekolah Tinggi Teologi Anugerah Indonesia
Institution Website:https://anugrah.ac.id/
Address: Kampus Utama: BG Junction Mall L2/P5, Jl. Bubutan 1-7 Surabaya
e-jurnal Website: https://e-journal.anugrah.ac.id/index.php/JCH/index
e-ISSN: 2808-4454 p-ISSN: 2808-8735

Charistheo Indexed by:

               

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0). 

data macau