Misi Pendidikan Agama Kristen Berbasis Digital di Tengah Masyarakat Plural

Arozatulo Telaumbanua, Rikardo Dayanto Butarbutar

Abstract


The mission of digital-based Christian education in a plural society has a significant impact. This is based on the use of digital by Christians in conveying God's Word through social media, such as Facebook and YouTube which is quite high. Mission through teaching digital-based Christian religious education is one of the mission strategies in a pluralistic society. The rapid development of technology is an opportunity for Christians to have a mission and convey the gospel through Christian education. In addition, online learning is also a place and opportunity for missionaries through teaching and Christian education materials that are delivered openly. The purpose of this research is to explain the mission of digital-based Christian religious education in a plural society and to find strategies and forms of digital-based Christian religious education mission in a plural society. In this study, the researcher used a qualitative research method with a library research approach. Based on the results of the analysis and literature research conducted, it can be stated that the mission of digital-based Christian education in a plural society is quite significant, the mission material is conveyed and has an influence, although it is not too exposed on a large scale among the wider community.


Abstrak

Misi pendidikan agama Kristen berbasis digital di tengah masyarakat plural memiliki pengaruh yang signifikan. Hal ini disebabkan jumlah penggunaan digital oleh orang masyarakat pada umumnya mayoritas termasuk orang Kristen baik facebook dan youtube. Selain itu, Indonesia merupakan masyarakat plural yang hidup dalam berbagai suku, ras, agama dan budaya. Salah satu strategi bermisi melalui pendidikan agama Kristen yakni dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yang sangat pesat dengan melakukan postingan materi pembelajaran lewat media sosial dan disampaikan secara terbuka. Melihat situasi masyarakat plural yang saat ini sensitif terhadap misi yang disampaikan secara langsung, maka misi berbasis digital merupakan salah satu metode yang dapat digunakan oleh orang Kristen. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan misi pendidikan agama Kristen berbasis digital di tengah masyarakat plural dan menemukan strategi serta bentuk misi pendidikan agama Kristen berbasis digital di tengah masyarakat plural. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian pustaka. Berdasarkan hasil analisis dan penelitian pustaka yang dilakukan, maka dapat dikemukakan bahwa misi pendidikan agama Kristen berbasis digital di tengah masyarakat plural cukup signifikan, materi misi tersampaikan dan memiliki pengaruh walaupun tidak terlalu terekspos secara besar-besaran dikalangan masyakarat luas.     

 

Kata Kunci: Misi, Pendidikan Kristen, Digital, Masyarakat, Plural



Keywords


Mission, Christian Education, Digital, Society, Plural

Full Text:

PDF

References


Afandi, Y. (2018). Gereja dan Pengaruh Teknologi Informasi “Digital Ecclesiology.” Fidei: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika, 1(2), 270–283.

Arozatulo Telaumbanua. (2020). Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membina Jemaat. Illuminate: Journal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 3(1), 12–124.

Boiliu, F. I. W. N. I. (2019). Misi dan Pluralitas Keyakinan di Indonesia. Andi Offset.

Butar-butar, R. D., Situmorang, E. L., Pasaribu, J., & Uji, M. (2019). Pengajaran Tuhan Yesus Mengenai Toleransi Dan Implementasinya Ditengah Masyarakat Majemuk. 4(1), 88–101.

Duha, A. D. (2020). Tanggung Jawab Guru Pendidikan Agama Kristen Terhadap Pertumbuhan Rohani Siswa Berdasarkan 1 Timotius 4:15-16. Eresi: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 1(2), 116–123.

GP, H. (2017). Teologi Misi. Andi Offset.

Gulo, Y. (2020). Pendidikan Agama Kristen Berwawasan Lingkungan Hidup: Kajian Metodologi dan Implementasinya di Sekolah. Eresi: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 1(2), 93–107.

Hariprabowo, Y. (2019). Misi Gereja di Tengah Pluralitas Agama dan Budaya. Orientasi Baru, 18(1), 33–49.

Juara, D. (2020). Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Semangat Moderasi Beragama. JURNAL DINAMIKA PENDIDIKAN, 13, 315–324.

Kristian, A. (2019). Pemberitaan Injil di Tengah Masyarakat Pluralis. Excelsis Deo: Jurnal Teologi, Misiologi, Dan Pendidikan. https://doi.org/10.51730/ed.v3i1.5

Laia, K. H. (2019). Pertumbuhan Gereja dan Penginjilan di Kepulauan Nias. Fidei: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika, 2(2), 286–302.

Redaksi, T. (2016). Aplikasi Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi V 0.4.1. Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan Kemendikbud RI.

Sarwono. (2022). Metode Riset Bidang Desain. ANDI.

Tanhidy, J. (2021). Teologi Misi Bagi Gerakan Misi dan Komunikasi Kristen Pasca Pandemi Covid-19. Journal Kontekstual Indonesia, 1(1), 1–10.

Telaumbanua, A. (2022). Implementasi Pendidikan Agama Kristen di Era Teknologi. SANCTUM DOMINE: Jurnal Teologi, 19(2), 49–64.

Tjandra, D. S. (2020). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Kristen di Abad 21. SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 1–10.




DOI: https://doi.org/10.54592/jct.v2i1.69

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Arozatulo Telaumbanua

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.